TELEKOMUNIKASI

on 20121011

Telekomunikasi berasal dari gabungan dua kata, yaitu “tele” yang berarti far off atau jauh dan “communicate” yang berarti to share atau komunikasi.
Jadi, telekomunikasi dapat diartikan sebagai komunikasi jarak jauh. Telekomunikasi juga dapat didefinisikan sebagai teknik pengiriman atau penyampaian infomasi, dari suatu tempat ke tempat lain.

Bentuk komunikasi jarak jauh dapat dibedakan atas 3 macam:
  • Komunikasi Satu Arah (Simplex) : pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama.
    Contoh :
    Pager, Televisi, dan Radio.
  • Komunikasi Dua Arah (Duplex) : pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama.
    Contoh : Telepon dan VOIP.
  • Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex) : pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan.
    Contoh :
    Handy Talkie, FAX, dan Chat Room.


KOMPONEN DASAR

Komponen dasar dalam melakukan telekomunikasi yaitu :
  • Informasi : merupakan data yang dikirim/diterima seperti suara, gambar, file, tulisan.
  • Pengirim : mengubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap dikirim.
  • Media transmisi : alat yang berfungsi mengirimkan informasi dari pengirim kepada penerima. Karena dalam jarak jauh, maka sinyal pengirim diubah lagi (dimodulasi) dengan gelombang radio, kemudian dirubah menjadi gelombang elektromagnetik dan dipancarkan dengan alat bernama Antena, agar dapat terkirim jarak jauh.
  • Penerima : menerima sinyal elektromagnetik kemudian digubah menjadi sinyal listrik, sinyal dirubah kedalam informasi asli sesuai dari pengirim, selanjutnya diproses hingga bisa dipahami oleh manusia sesuai dengan yang dikirimkan.

PERKEMBANGAN TELEKOMUNIKASI

Era pertama pada perkembangan teknologi komunikasi pada 3000tahun SM adalah era tribal. Pada masa ini manusia purba berkomunikasi belum menggunakan tulisan. Mereka hanya mengandalkan tatap muka dan panca indra untuk berkomunikasi. Hanya saja manusia mulai dapat menyalurkan pemaknaanya dengan menggambar pada dinding gua untuk menyalurkan apa yang diterima oleh panca indra mereka.

Kemudian peradaban manusia mulai berkembang pada tahun 500 SM dikenal sebagai era tulis atau literal. Manusia mulai menggunakan kemampuannya untuk menyalurkan cara berkomunikasinya menggunakan tulisan untuk mengungkapkan pendapat individu mereka dan untuk keperluan pendidikan. Pada saat masa ini manusia mulai menyadari bahwa mereka mampu berkomunikasi tanpa perlu bertatap muka contohnya penggunaan surat yang menggunakan pihak ke tiga untuk mengantarkan pesan.

Era cetak pada 500an Masehi Bangsa China menemukan kertas untuk memperbanyak tulisan mereka juga menggunakan alat cetak dengan sistem cap yang menggunakan alat mekanik yang berbahan blok kayu.

Pada era elektronik 1400an Masehi ditemukan bayak sekali penemuan mutakhir yang membantu dan mempermudah pekerjaan manusia. Seperti penemuan telepon (1849) oleh Antonio Meucci, lampu (1879) oleh Thomas Alva Edison, radio (1896) oleh G. Marconi, televisi (1920-an) oleh John Logie Baird, dan masih banyak penemuan yang dibuat untuk mempermudah interaksi dan komuniksai manusia.

Pada era digital dimulai pada tahun 1946 dimana komputer pertama bernama ENIAC dikembangkan untuk kepentingan jaringan militer yang menjadi cikal bakal lahirnya komputer modern. Pengembangan microchip dilakukan untuk memperkecil ukuran komputer untuk keperluan kemajuan di bidang ilmu pengetahuan seperti peluncuran roket, teknologi portable dan perangkat perangkat canggih lainnya.

Pada saat ini teknologi sudah sangat berkembang pesat dimana manusia berada dalam era digital. Dapat disebut juga Global village dimana dunia yang terkoneksi internet diibaratkan sebuah desa dengan penduduk yang memiliki akses digital / internet tentunya untuk mengakses konten yang ada. Dengan adanya global village jarak dan waktu sudah tidak menjadi hambatan dalam berkomunikasi karena kita dapat berkomunikasi secara real time di waktu yang bersamaan pula dengan syarat orang yang kita ajak berkomunikasi sedang online pula.



SUMBER:
 

0 comments:

Post a Comment