#Part2 | DAMPAK PEMBANGUNAN INDUSTRI PADA LINGKUNGAN

on 20130120
Adanya pembangunan industri akan mengakibatkan perubahan lingkungan seperti berkembangnya jaringan infrastruktur dan akan menumbuhkan kegiatan lain untuk menunjang kegiatan yang ada.

Pembangunan di satu pihak menunjukkan dampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat seperti :
  • tersedianya jaringan jalan
  • telekomunikasi
  • listrik
  • air
  • kesempatan kerja
  • serta produknya sendiri memberi manfaat bagi masyarakat luas dan juga meningkatkan pendapatan bagi daerah yang bersangkutan
Di pihak lain apabila pembangunan ini tidak diarahkan akan menimbulkan berbagai masalah seperti konflik kepentingan, pencemaran lingkungan, kerusakan, pengurasan sumberdaya alam, masyarakat konsumtif serta dampak sosial lainnya yang pada dasarnya merugikan masyarakat.

Gejala umum pencemaran lingkungan akibat limbah industri (jangka pendek) :
  1. Air sungai dan air sumur sekitar lokasi industri pencemar, yang semula berwarna jernih berubah menjadi keruh, berbuih dan berbau busuk sehingga tidak layak digunakan oleh warga masyarakat sekitar untuk mandi, mencuci, memasak dan untuk diminum.
  2. Ditinjau dari segi kesehatan, masyarakat sekitar dapat menderita penyakit seperti gatal-gatal pada kulit sampai cacat genetik pada anak cucu dan generasi berikutnya.
  3. Terjadinya penurunan kualitas air permukaan di sekitar daerah industri.
  4. Kelangkaan air tawar semakin terasa khususnya di musim kemarau, sedangkan di musim penghujan cenderung terjadi banjir.
  5. Temperatur udara maksimal dan minimal sering berubah-ubah.
  6. Terjadi peningkatan konsentrasi pencemaran udara seperti CO, NO2r SO2 dan debu.
Gejala umum pencemaran lingkungan akibat limbah industri (jangka panjang) ialah penyakit akibat pencemaran ada yang baru muncul sekian tahun kemudian setelah cukup lama bahan pencemar terkontaminasi dalam bahan makanan menurut daur ulang ekologik seperti, yang terjadi pada kasus Minamata sekitar 1956 di Jepang.
Terdapat lebih dari 100 orang meninggal atau cacat karena mengkonsumsi ikan yang berasal dari Teluk Minamata. Teluk ini tercemar merkuri yang berasal dari sebuah pabrik plastik. Bila merkuri masuk ke dalam tubuh manusia melalui saluran pencernaan dapat menyebabkan kerusakan akut pada ginjal sedangkan pada anak-anak dapat menyebabkan pink desease/acrodynia, alergi kulit dan kawasaki desease mucocutaneous lymph node syndrome.


SUMBER:

0 comments:

Post a Comment